Membentuk Identitas Diri, Personal Branding

Membentuk identitas diri, personal brandingApakah Anda termasuk sebagai orang yang dikenal banyak orang?

Bagaimana orang lain mengenal Anda selama ini?

Kita perlu indentitas yang jelas agar orang lain tau siapa sebenarnya diri kita. Jadilah orang yang dikenal banyak orang, promosikan diri Anda.

Ketika kita medengar kata brand, hal pertama yang ada di benak kita adalah sebuah merk suatu produk atau perusahaan. Melalui branding suatu produk akan dikenal luas oleh konsumen baik pria, wanita, tua, muda, maupun anak-anak. Ada beberapa brand atau merek terkenal untuk berbagai macam produk seperti pakaian, sepatu, makanan, air mineral, bahkan pasta gigi. Tanpa saya sebutkan nama mereknya, pasti Anda sudah tau merek apa saja hehe..

Sehebat itukah sebuah brand, sampai suatu produk bisa sampai dikenal oleh banyak orang? Lalu bagaimana dengan personal branding, pentingkah?

Branding bisa mendongkrak penjualan suatu produk secara fantastis. Bisa kita lihat betapa bangganya orang-orang yang memakai pakaian dengan merk terkenal dengan harga yang sangat mahal. Air putih untuk minum pun harganya menjadi mahal ketika diproduksi oleh perusahaan dengan brand tertentu. Brand dipercaya sebagai penjamin kualitas dari suatu produk, begitu pula ketika seseorang mempunyai branding yang jelas dan kualitas pribadi yang baik di hadapan orang lain.

Seorang dosen pernah berkata kepada saya: “Kamu harus menjadi orang yang pintar, dan orang lain harus tau bahwa kamu itu pintar”

Ya…percuma rasanya jika kita punya kepintaran, bakat, dan skill tetapi tidak ada orang lain yang tau tentang hal itu. Kelebihan yang kita miliki pada akhirnya tidak akan memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Personal branding adalah cara memasarkan atau mempromosikan diri kita secara individu kepada orang lain. Personal Branding adalah satu hal yang sangat penting, dan syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang.

b863501c75c4bc14ea2bea65a334cc52

Personal branding mengacu pada bagaimana orang lain mengenal, memandang, menilai diri kita. Sederhananya, orang lain mengenal diri kita sebagai apa. Contohnya ketika kita mendengar nama Bill Gates, yang ada di benak kita adalah seorang ahli komputer. Presidin RI ke-3, B.J. Habibie, adalah seorang ahli pesawat. Lalu sebagai apa Anda ingin dikenal oleh orang lain?

Langkah pertama untuk membentuk personal branding adalah dengan mencari tau minat dan skill yang Anda miliki. Suatu hal yang menjadi minat Anda misalnya desain grafis, akan Anda tekuni dengan sepenuh hati. Skill yang Anda miliki dalam hal mendesain akan membantu diri Anda sendiri dan juga orang lain pada banyak kesempatan. Dengan minat dan skill yang berpadu menjadi satu, Anda akan benar-benar mendalami keahlian atau profesi yang Anda dimiliki.

Kedua, tanamkan pada diri Anda karakter dan integritas yang harus dimiliki pada brand yang Anda pilih. Karakter seorang guru atau dosen tentu berbeda dengan karakter seorang pembisnis, maka pelajarilah karakter yang tepat sesuai dengan brand Anda.

Ketiga, milikilah nilai tambah pada diri Anda. Jika Anda seorang yang ahli di bidang musik, maka tunjukan perbedaan diri Anda dengan orang lain dalam hal bermain musik. Jadilah orang yang berada di atas rata-rata. Orang tidak akan mengenal Anda kecuali ketika Anda memiliki keahlian yang lebih baik dari pemain musik lainnya. Oleh karena itu, jadi lah orang yang profesional dan ahli dibidangnya.

Keempat, berikan bukti nyata mengenai brand yang Anda bangun. Buktikan dengan mengikuti kegiatan atau aktivitas yang behungan dengan brand yang Anda bangun, lalu tunjukan karya yang Anda miliki. Seorang yang ingin membangun brand sebagai penulis harus membuktikannya dengan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan penulisan dan membuat karya tulis di berbagai media seperti blog, media masa, jurnal, dan membuat buku.

Personal branding yang baik adalah ketika apa yang ingin Anda informasikan kepada orang lain tentang diri Anda sesuai dengan apa yang orang lain pikirkan tentang diri Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s