Mengembalikan Semangat Hidup

mengembalikan semangat hidupPernahkah Anda merasa tidak bersemangat dalam hidup Anda bahkan sampai pada titik terendah?

Ketika hidup terasa tidak berarti lagi, seolah-olah tidak ada jalan keluar lain kecuali mengakhiri hidup, semua tampak gelap di mata Anda. Harapan, cita-cita, dan keinginan Anda semuanya lenyap nyaris tak tersisa. Tidak ada lagi kebahagiaan yang Anda rasakan. Inilah titik terendah yang dialami manusia dalam hidupnya. Penyebab dari beberapa kasus bunuh diri di beberapa Negara di dunia.

Setiap manusia pasti pernah merasakan masa sulit dan mengalami kejadian yang menyakitkan dalam hidupnya. Kesulitan hidup setiap orang akan berbeda satu sama lain. Ada orang yang ditimpa kesulitan berupa kekurangan harta, ditinggal pergi orang tercinta, gagal meraih cita-cita, masalah yang tidak kunjung selasai dan lain sebagainya. Ketika kesulitan datang dan terasa semakin mencekam, saat itulah semangat akan turun bahkan sampai titik terendah.

Naik dan turunnya semangat merupakan hal yang wajar dalam kehidupan manusia. Namun, kita harus waspada ketika semangat untuk hidup sudah tidak ada sama sekali. Jangan sampai kita mengambil jalan pintas dengan mengakhiri hidup, dan berakhir sebagai orang yang merugi. Oleh sebab itu kita harus mengetahui penyebab hilangnya semangat hidup dan berusaha untuk bangkit dari keterpurukan.

Setiap orang berbeda dalam menyikapi kesulitan dalam hidupnya, ada yang bisa bertahan dan tetap semangat menjalani hidup dengan masalahnya, ada pula yang patah semangat dan berada dalam keterpurukan yang luar biasa. maka sesungguhnya kekuatan pribadi lah yang menentukan apakah seseorang bisa bertahan atau tidak pada masa-masa sulit.

Hilangnya semangat hidup terjadi ketika kita menganggap tidak ada lagi harapan untuk menjalani kehidupan. Berjuang sekeras apapun rasanya percuma karena tidak mendatangkan hasil yang kita harapkan. Tidak ada lagi yang bisa dilakukan, semuanya sia-sia, diri ini sudah terlanjur kecewa dengan keadaan yang ada saat ini. Begitulah perasaan yang saya rasakan ketika saya berada di titik terendah dalam kehidupan. Semuanya menjadi gelap, pikiran dan perasaan dipenuhi oleh energi negatif yang begitu besar.

Ya…kata kuncinya adalah energi negatif yang memenuhi pikiran dan perasaan. Dari sinilah sumber utama hilangnya semangat hidup dan harapan pada diri manusia. Untuk menghilangkan energi negatif ini kita perlu mengisi pikiran dan perasaan dengan suatu positif.

Hilangnya harapan terjadi karena kita melihat sisi negatif dari kejadian yang kita alami. Manusia pada umumnya memang lebih mudah untuk berfokus pada sisi negatif dari suatu peristiwa dan mengabaikan sisi positifnya. Ingatlah, setiap peristiwa yang kita hadapi pasti hikmahnya dan ada pelajaran berharga yang bisa diambil. Manusia diuji agar bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Sama seperti seorang siswa yang menghadapi ujian ketika sedang belajar di sekolah. Kita semua berada dalam sekolah kehidupan, tempat belajar dan menempa diri sampai akhir hayat.

Setelah melihat sisi positif dari suatu peristiwa dan mengambil hikmahnya, langkah berikutnya adalah bersyukur. Kebahagiaan seseorang tidak bisa diukur dengan banyaknya harta, pekerjaan yang ia miliki, kedudukan atau pangkatnya. Kebahagiaan itu hadir ketika kita mensyukuri apa yang telah kita dapatkan dari Tuhan. Seorang yang miskin, dengan pekerjaan serabutan, tanpa punya kedudukan pun bisa merasakan kebahagiaan. Begitu pula seorang yang kaya raya dari keluarga terpandang dan punya kedudukan yang tinggi di masyarakat belum tentu bisa merasakan kebahagiaan dalam hidupnya.

Kita harus berhati-hati pada sikap membanding-bangdingkan yang biasanya tertuju pada orang yang lebih kaya, lebih sukses, atau lebih beruntung dari diri kita. Ingatlah bahwa banyak orang di sekitar kita yang keadaannya jauh di bawah kita. Ada orang yang hanya bisa tinggal di kolong jembatan atau emperan, orang yang cacat fisik, korban bencana, korban perang, dan masih banyak lagi orang yang keadaannya lebih terpuruk namun mereka tetap berusaha untuk bertahan hidup.

Belajarlah dari orang-orang sukses yang telah berhasil melewati berbagai ujian kehidupan. Pelajari bagaimana mereka bisa bangkit dan mengatasi kesulitan yang mereka alami. Pengalaman mereka sangatlah berharga. Milikilah mentor dalam hidup Anda, agar Anda tau kemana harus melangkah.

Bergaulah dengan orang-orang yang mempunyai pikiran dan perasaan yang positif, karena energi positif dan negatif itu bisa berpengaruh terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s