Bagaimana kebiasaan terbentuk?

Berdasahabitrkan penelitian Duke University, sebesar 40% aktivitas manusia didasari oleh kebiasaan seperti bangun pagi, menggosok gigi, makan, pergi bekerja, mengendarai kendaraan, makan, dan lain-lain. Kebiasaan yang baik akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik, menciptakan kapabilitas (kemampuan Anda untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab), membangun kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan.

John Dryden berkata: “Awalnya kita yang membentuk kebiasaan, kemudian kebiasaan yang membentuk diri kita.”

Kebiasaan adalah sekumpulan tindakan atau respon terhadap situasi atau keadaan tertentu yang menjadi suatu pola dalam hidup. Suatu kebiasaan sama seperti tindakan manusia pada umumnya, ia dipicu karena adanya  situasi atau keadaan tertentu. Tindakan yang dilakukan berulang-ulang akan menjadi sebuah pola bagi seseorang dalam bertindak ketika menghadapi situasi yang sama.

habit-three-r

Proses terbentuknya kebiasaan:

  • Adanya pemicu baik berupa situasi maupun keadaan yang membuat Anda melakukan suatu tindakan dan memulai kebiasaan.
  • Tindakan yang Anda ambil dalam menghadapi suatu keadaan mulai menjadi rutinitas
  • Anda memperoleh keuntungan dari tindakan yang Anda lakukan.
  • Ketika Anda menikmati hasil dari tindakan yang telah dilakukan, selanjutnya Anda mempunyai keinginan untuk mengulangi tindakan tersebut ketika menghadapi situasi atau keadaan yang sama.
  • Pengulangan tindakan yang Anda lakukan menjadi sebuah kebiasaan baru.

Suatu kebiasaan meliputi banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Awalnya Anda mengambil suatu tindakan terhadap suatu peristiwa, Anda mendapat keuntungan atau kepuasan dari tindakan yang dilakukan, kemudian mengulangi tindakan yang sama pada waktu yang lain.

Ketika suara alarm berbunyi di pagi hari, apa yang biasa Anda biasa lakukan? Berikut beberapa kebiasaan yang sering terjadi atau mungkin Anda alami sendiri:

  • Langsung beranjak dari tempat tidur dan cuci muka.
  • Bangun dari tidur, namun duduk dulu sejenak sampai energi kesadaran Anda terkumpul.
  • Melihat jam, kemudian menunda atau mematikan alarm.
  • Membiarkan alarm berbunyi dan melanjutkan tidur nyaman Anda.

Bunyi alarm merupakan pemicu tindakan yang akan Anda ambil. Ada berbagai macam bentuk tindakan atau respon yang berbeda terhadap stimulus yang sama (bunyi alarm). Masing-masing tindakan di atas memiliki keuntungan yang berbeda bagi pelakunya:

  • Ketika Anda langsung beranjak dari tempat tidur, Anda bangun tepat waktu dan tidak akan kesiangan.
  • Ketika Anda duduk dulu sejenak, Anda akan memperoleh energi pikiran yang cukup sebelum memulai aktivitas.
  • Ketika Anda menunda atau mematikan alarm, Anda akan memperoleh waktu tambahan untuk melanjutkan tidur sejenak, apalagi jika malam harinya Anda memang kurang tidur.
  • Ketika Anda membiarkan alarm dan tidak menghiraukannya, nikmati kenyamanan tidur Anda sepuasnya.

Dalam sehari, kita menemui banyak situasi atau keadaan yang sama mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Kebiasaan bangun pagi, olahraga, pola makan, pola tidur, berangkat kerja, menghadapi orang-orang di sekitar Anda, mengisi waktu luang, dan lain-lain. Setiap keputusan yang Anda ambil dalam menentukan tindakan tanpa melalui proses pertimbangan yang panjang, itulah yang disebut dengan kebiasaan.

Kebiasaan yang Anda miliki saat ini berasal dari pembentukan pola asuh orang tua dalam keluarga, pendidikan di sekolah, teman dan sahabat sejak kecil sampai dewasa, orang-orang sekitar Anda, komunitas atau organisasi yang diikuti, dan keputusan yang biasa Anda ambil dalam menghadapi berbagai situasi dan keadaan. Dari sekian banyak pengalaman Anda semasa hidup, maka akan terkumpul pengetahuan dan keahlian yang kemudian akan berpadu dengan keingingan Anda. Gabungan antara pengetahuan, keahlian, dan keinginan bersatu padu menjadi kebiasaan.

habit2

Sebuah kebiasaan seringkali bersifat otomatis, sama seperti gerakan refleks. Seorang ahli beladiri bisa mengulangi gerakan yang sama, misalnya pukulan, secara terus menerus untuk menciptakan gerakan refleks. Ketika suatu pukulan atau tangkisan yang dipelajari sudah menjadi gerakan refleks, maka ahli beladiri tersebut tidak perlu berfikir panjang untuk menghadapi serangan lawan. Begitu pula dengan sebuah tindakan yang diulangi berkali-kali, ia akan berubah menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan berbicara, bertindak, mengungkapkan emosi, semua tersimpan dalam otak bawah sadar Anda.

Kebiasaan yang Anda miliki saat ini mungkin dapat membatu Anda untuk meraih kesuksesan atau bahkan sebaliknya. Perbedaan orang sukses dan orang yang tidak sukses terletak pada kebiasaannya. Cermati setiap kebiasaan Anda saat ini. Pertahankan kebiasaan yang baik dan ubahlah kebiasaan buruk mulai saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s