Persiapkan Dirimu Jika Ingin Sukses!

persiapan sukses

Dunia di mana kita tinggal saat ini merupakan tempat yang penuh dengan tuntutan. Ada begitu banyak kesempatan, tetapi kita harus siap untuk mengambil kesempatan itu. Sering kali kesempatan baik muncul, namun kita tidak siap untuk mengambil kesempatan itu. Pada akhirnya kesempatan tersebut hilang atau diambil oleh orang yang siap mengambilnya. Kesempatan berbanding lurus dengan keterampilan, maka asahlah keterampilan yang Anda butuhkan sebelum kesempatan baik datang. Sebelum menentukan keterampilan apa saja yang ingin Anda kembangkan, ada baiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu ingin menjadi apa diri Anda. Jangan terlalu fokus pada apa yang ingin Anda dapatkan.

To have more than you’ve got, become more than you are.

(Untuk memperoleh lebih dari apa yang Anda miliki, Jadilah lebih dari diri Anda saat ini)

Kita harus menghabiskan sebagian dari tahun ini, bersiap-siap untuk tahun depan, dan kita harus menghabiskan sebagian dari dekade ini untuk bersiap-siap pada dekade berikutnya. Begitulah waktu akan terus berjalan dan dunia akan terus mengalami perubahan. Jika kita tidak bisa menyesuaikan diri dan bersiap untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang, maka bersiaplah untuk selalu tertinggal dari orang-orang yang mengejar kesuksesan.

Sebagian besar kehidupan dihabiskan untuk bersiap-siap dan sebagian darinya adalah untuk mengembangkan keterampilan. Jika Anda ingin mengembangkan keterampilan dan mencapai kesuksesan, maka mulailah dengan pengembangan diri, perbaikan diri, dan membuat kemajuan yang terukur.

Pengembangan diri merupakan suatu dorongan dalam diri, perjuangan dan tantangan. Tidak ada kemenangan tanpa tantangan. Perjuangan dan tantangan untuk mengembangkan diri adalah suatu pengorbanan yang harus dilakukan untuk meraih kesuksesan. Hidup adalah tentang menciptakan keterampilan dan nilai, lalu menuai hasil dari keterampilan dan nilai yang Anda miliki.

Membentuk kebiasaan baru tidaklah mudah, namun Anda dapat melakukannya. Sukses adalah 10 persen inspirasi dan 90 persen kerja keras. Anda baru saja membaca buku, mempelajari keterampilan, menempatkan diri Anda melalui langkah, melakukan persiapan mental dan mempersiapkan diri.

Mencari inspirasi untuk kehidupan yang lebih baik tentu saja hal yang baik, akan tapi inspirasi tersebut harus mengarah pada sikap disiplin. Anda harus menjaga motivasi untuk terus mengikuti belajar, membaca, melakukan pengulangan, sampai kebiasaan baru yang Anda inginkan menjadi bagian dari diri Anda. Semua ini tidaklah mudah dan menjadi tantangan untuk Anda. Jika Anda berhasil menaklukan tantangan dan berkembang, maka Anda akan menjadi seorang yang baru dengan kebiasaan baru yang mengarah kepada kesuksesan.

Bila Anda hendak membuat rencana pengembangan diri, maka Anda perlu melihat kelima aspek pengembangan diri. Pastikan bahwa kelima aspek utama kehidupan Anda mengalami peningkatan saat Anda menempuh perjalanan pengembangan diri. Anda harus benar-benar memperhatikan kelima aspek ini dan fokus mengembangak setiap aspek satu per satu, atau mengerjakan semuanya secara bersamaan tergantung kebutuhan. Anda dapat melakukan pengembangan diri pada lebih dari satu aspek pada satu yang bersamaan.

Saat Anda melakukan pengembangan diri, pastikan rencana pengembangan diri Anda memiliki langkah dan sasaran terperinci. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda bisa menyelesaikan apa yang diperlukan tanpa ada masalah. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan sepanjang perjalanan menuju kesuksesan. Kelima aspek pengembangan diri tersebut yaitu:

Persiapkan Dirimu Jika Ingin Sukses

  1. Pengembangan Spiritual

Manusia merupakan makhluk biologis sekaligus makhluk spiritual. Walaupun secara kasat mata manusia memiliki tubuh dan kebutuhan biologis seperti hewan pada umumnya, akan tetapi manusia memiliki sisi lain yang membedakannya dengan hewan. Selain akal pikiran, kualitas spiritualitas telah membedakan diri kita dengan hewan. Spiritualitas merupakan hal terpenting dan yang utama dalam melakukan pengembangan diri. Ketika Anda berusaha meningkatkan spiritualitas, pada hakikatnya Anda sedang berupaya menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan dunia di sekitar Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk belajar lebih banyak tentang diri Anda dan apa yang Anda inginkan dalam hidup. Beberapa ahli mengatakan bahwa Anda harus memperdalam spiritualitas Anda terlebih dahulu karena hal ini akan membantu membimbing Anda dalam pengembangan diri Anda.

  1. Pengembangan Emosional

Menjadi orang yang kuat secara emosional membawa kebaikan di semua bidang kehidupan. Pengembangan emosional adalah aspek pengembangan diri yang lebih sulit untuk dikerjakan karena cara Anda bereaksi terhadap sesuatu secara emosional bukanlah sesuatu yang dapat Anda ubah dengan mudah. Namun, ingatlah bahwa Anda dapat mengubah ini dan Anda dapat melakukannya dengan lebih baik jika tidak membiarkan emosi mengendalikan Anda. Proses pengembangan emosional ini membutuhkan banyak waktu. Anda harus melakukannya secara bertahap sehingga Anda tidak membiarkan diri Anda kelelahan dan terbebani dengan prosesnya. Perhatikanlah kemajuan Anda dengan membuat catatan atau jurnal khusus.

  1. Pengembangan mental

Buat pikiran Anda rileks, kembangkan kebiasaan berpikir yang baik, kebiasaan belajar yang baik, membuat gagasan, dan temukan cara untuk menerapkannya. Biasakan diri untuk terus aktif membaca karena aktivitas membaca merupakan nutrisi yang penting bagi otak. Perkembangan mental Anda akan sangat mempengaruhi hubungan, karir dan pendidikan Anda. Dengan kondisi mental yang baik, Anda akan memiliki kapasitas belajar yang jauh lebih baik dan mengetahui kapan harus mengubah reaksi Anda. Pengembangan mental merupakan sebuah proses perjalanan hidup yang tidak pernah berakhir.

  1. Pengembangan sosial

Setiap orang memiliki kecenderungan sosial yang ingin mereka kerjakan. Anda harus bisa berkomunikasi secara efektif dengan semua jenis orang agar sukses secara sosial. Mulailah berbicara dengan orang yang biasanya tidak Anda ajak bicara dan manfaatkan untuk menjelajahi gaya komunikasi yang biasanya tidak Anda gunakan. Buat pertemanan baru dan bertemu orang baru sesering mungkin. Mempelajari bahasa baru adalah cara lain untuk mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi Anda.

  1. Pengembangan Fisik

Pikiran dan tubuh saling mempengaruhi satu sama lain, kita harus memperhatikan keduanya. Tubuh yang sehat membuat Anda mampu beraktivitas dengan optimal. Pikiran juga memberi pengaruh terhadap kesehatan fisik. Kondisi fisik yang baik membuat Anda mampu melangkah dengan rasa percaya diri. Pengembangan fisik mencakup beberapa bagian, termasuk nutrisi yang baik untuk kesehatan dan tampilan fisik. Jagalah penampilan Anda karena hal ini sangat berkaitan dengan penerimaan Anda di masyarakat. Perhatikan penampilan Anda ketika bertemu dengan orang lain di tempat kerja, pertunjukan, perusahaan, atau komunitas. Ketika orang lain mengenal Anda, mereka akan menilai Anda melalui penampilan Anda. Dengan demikian penampilan fisik juga merupakan bagian dari pengembangan diri.

Pastikan Anda benar-benar memahami bidang pengembangan diri ini dan menggunakannya dalam rencana pengembangan diri Anda. Jangan meremehkan kekuatan masing-masing aspek pengembangan diri ini dan meninggalkan salah satunya. Pengembangan diri yang Anda lakukan memainkan peran yang penting dalam mencapai kesuksesan Anda. Fokuslah untuk menjadi pribadi yang lebih baik, ingin menjadi apa diri Anda, tidak pada apa yang ingin Anda dapatkan.

 

Advertisements